Wow China Punya Pesawat Siluman ?????

Foto-foto sebuah pesawat tempur yang diduga merupakan pesawat "siluman" China sudah beredar di internet. Mesin terbang tersebut diperkirakan J-20 fighter yang sedang dikembangkan secara rahasia oleh militer China.

Sumber dari foto itu tidak disebutkan. Namun, berdasarkan penilaian analis sebuah situs penerbangan,  foto diambil dari luar pagar landasan pesawat yang berada di Institut Rancang Pesawat Chengdu, yang terletak di bagian barat daya negeri terebut.
Dalam beberapa tahun belakangan ini kalangan militer Barat, terutama Amerika Serikat, memasang mata dan telinga terhadap industri militer China. Perhatian mereka terutama tertuju pada upaya China untuk mengembangkan pesawat tempur generasi mendatang yang punya kemampuan stealth, alias tak terdeteksi radar.

China pun, melalui Deputi KSAU He Weirong, sudah mengakui sedang melakukan riset pengembangan pesawat generasi keempat, yang berteknologi "siluman." Pengakuan itu dia sampaikan pada November 2009 dalam wawancara dengan wartawan televisi pemerintah. Dia bilang, pengembangan pesawat itu butuh waktu antara 8 hingga 10 tahun.

Sejauh ini baru AS yang mampu mengembangkan dan mengoperasionalkan pesawat tempur "siluman" yaitu  F-22 Raptor. Pesawat itu mampu menerobos pertahanan udara negara lain dengan mudah karena tak terlihat di radar. Namun, karena harga produksi yang sangat mahal, lebih dari 1 miliar dolar AS per biji, AS membatasi diri dalam memproduksi F-22 sebanyak 187 buah.

Peredaran foto pesawat J-20 itu diduga ada unsur kesengajaan. Karena, jika militer China memang tidak berniat rahasia itu terbongkar seharusnya dengan mudah bisa memblok peredaran foto tersebut. Namun, sampai hari ini beberapa situs internet di China masih bebas memajang foto tersebut.

Diduga pihak militer China sengaja memamerkan barang yang selama ini menjadi incaran keingintahuan negara lain, khususnya AS. Pihak militer China pun sejauh ini tidak memberikan komentar terhadap foto tersebut.

Berdasarkan perhitungan strategi globalnya, AS berpendapat bahwa ancaman terbesar atas kepentingannya selain berasal dari Rusia, juga dari China. Bahkan China dianggap punya potensi lebih tinggi mengingat perkembangan ekonominya, serta teknologi militernya.

China sudah mampu memproduksi pesawat tempur sendiri. Namun, pasokan mesin pesawatnya masih mengandalkan Rusia. Sebagai contoh, pesawat tempur lokal J-10 dan J-11 masih menggunakan mesin dan rancang bangun dari Rusia, sehingga mirip dengan pesawat tempur Su-27 buatan Rusia.

Meski demikian, sangat mungkin China telah mampu mengembangkan teknologi pesawat yang lebih canggih. Setidaknya, dari foto tersebut terkesan bahwa pesawat J-20 punya bodi lebih besar dari pesawat tempur buatan Rusia atau AS, sehingga diduga bisa membawa persenjataan lebih banyak, dan jangkauan terbang yang lebih jauh.

Indonesia Kapan yaaaa punya juga ?????

Source :  Wartakotalive


Artikel Terkait Lainnya :



0 komentar:

:: Terima kasih Anda Telah Memberikan Komentar Atas Blog Ini ::

Posting Komentar

" Terima Kasih Banyak "

Tutorial blog ,Trik &Tips, Freeware © 2010. Design by :Bloggers Sponsored by: Makna-iLmu