Kerugian Akibat Software Bajakan

Jakarta - Setiap tahun, nilai kerugian yang ditimbulkan atas peredaran software bajakan terus meningkat. Bahkan untuk tahun 2010, nilai kerugiannya bisa menembus angka USD 1 miliar. Itu untuk Indonesia saja!

Demikian prediksi Kepala Perwakilan Business Software Alliance (BSA) Indonesia, Donny A. Sheyoputra, dalam jumpa pers yang berlangsung di Restoran Seribu Rasa, Senin (29/11/2010).
"Untuk 2010, angka kerugian yang ditimbulkan saya perkirakan bakal meningkat hingga tembus USD 1.000 juta (atau setara USD 1 miliar)," tukas pria berkacamata ini kepada para wartawan.

Melonjaknya nilai kerugian tersebut tentu tak datang dengan sendirinya. Namun imbas dari semakin meningkatnya pasar komputer di Tanah Air. Sebuah data menyebutkan, jumlah penjualan PC di pasar lokal bisa mencapai 3 juta unit per tahun.

"Semakin tinggi permintaan PC, semakin tinggi pula permintaan softwarenya. Dan semakin tinggi pula peluang sebuah software dibajak," tukas Donny.

Dibandingkan dengan pengguna rumahan, pelaku industri dikatakan lebih banyak menyumbang kerugian akibat pembajakan piranti lunak ini.

"Perusahaan itu biasanya menggunakan aplikasi mahal, berbeda dengan kebutuhan pengguna rumah yang hanya membutuhkan sistem operasi dan beberapa aplikasi lainnya," lanjutnya.

Sebut saja perusahaan kontruksi yang membutuhkan software desain baik dari Adobe ataupun Autodesk. Software besutan kedua vendor tersebut biasanya dibanderol pada harga tinggi.

Tingkat pembajakan software di Indonesia sendiri, pada tahun 2009 lalu memiliki presentase 86%. Menurut hasil riset dari IDC ini, hal tersebut menimbulkan kerugian pada industri software Tanah Air mencapai USD 866 juta secara nominal.

Presentase ini meningkat 1 persen ketimbang tahun 2008 yang tercatat 85 persen. Dengan demikian, Indonesia ditempatkan di posisi ke-8 dari 111 negara yang dianalisis dalam daftar negara-negara dengan tingkat pembajakan software tertinggi di dunia.

Mungkin kalau harga Software terjangkau bisa jadi pembajkan bisa berkurang tuh,bukan nggak ada loh soalnya yang namanya Gratis rasanya masih menjadi pilihan.Hwo Knows,Think yours


Artikel Terkait Lainnya :



0 komentar:

:: Terima kasih Anda Telah Memberikan Komentar Atas Blog Ini ::

Posting Komentar

" Terima Kasih Banyak "

Tutorial blog ,Trik &Tips, Freeware © 2010. Design by :Bloggers Sponsored by: Makna-iLmu